Hari PeringatanLawan COVID -19

Hari Kanker Payudara Sedunia 2020

26 Oktober merupakan Hari Kanker Payudara Sedunia.
.
Menurut data website P2PTM Kemenkes, Kanker payudara merupakan kanker pada wanita dengan jumlah kasus terbanyak, dan menjadi salah satu penyebab kematian utama akibat kanker. Jumlah kasus pada tahun 2018 yakni sebesar 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk.
.
Mengapa? karena sebagian besar pasien kanker payudara datang berobat pada stadium lanjut. Padahal, jika terdeteksi dini dan segera mendapatkan terapi, kanker bisa diatasi.
.
Salah satu deteksi dini yg dapat dilakukan yakni SADARI (Periksa Payudara Sendiri) saat di rumah . Adapun waktu yang tepat untuk melakukan SADARI adalah beberapa hari atau seminggu setelah menstruasi. Pada rentang waktu ini, kondisi payudara Anda masih dalam kondisi normal. Kebiasaan menjalani hidup sehat, seperti mengonsumsi lebih banyak buah-buahan, menjauhi minuman beralkohol, serta aktif berolahraga dapat membantu mencegah kanker payudara.
.
Penyakit kanker juga termasuk komorbid, sehingga seseorang yg mengidap kanker juga termasuk kelompok rentan tertular COVID -19.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *