10 Penyakit Terbanyak

10 Penyakit Terbanyak Pasien Puskesmas Arjuno Juli 2020

Halo Sobat Sehat Puskesmas Arjuno. Kali ini kami akan menyajikan data Infografis 10 Penyakit Terbanyak di Puskesmas Arjuno Bulan Juli 2020.
.
ISPA(Infeksi Saluran Pernafasan Akut) masih menempati urutan teratas dalam jajaran 10 penyakit terbanyak di Puskesmas Arjuno. Penyakit yang menyerang saluran pernafasan ini perlu menjadi perhatian masyarakat, terutama dalam masa pandemi COVID-19, disebabkan penularan COVID-19 terutama melalui droplet atau percikan ludah .
.
Hipertensi esensial dan dermatitis kontak menempati urutan ke-2. Hal ini menunjukkan bahwa penyakit tidak menular (PTM) juga terus bertambah jumlahnya seiring dengan peningkatan umur harapan hidup , yang tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat. Sementara dermatitis kontak dipicu oleh tingginya kejadian alergi, yang sering muncul akibat ketidakseimbangan hormon tubuh karena stres atau karena banyaknya zat pemicu alergi yang ada di lingkungan kita.
.
Penyakit terbanyak selanjutnya tampak berimbang antara penyakit infeksi yang mudah menular , maupun penyakit akibat degeneratif tubuh dan gangguan psikis.
Oleh karena itu marilah kita senantiasa menjaga kesehatan, dengan membiasakan hidup sehat antara lain dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, rajin berolah raga atau aktivitas fisik lainnya, menerapkan PHBS dan jangan lupa untuk selalu bergembira!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *